Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pj Bupati Buka Festival Bambu Tangerang Expo 2024

Kamis, Oktober 17, 2024 | 16:05 WIB Last Updated 2024-10-17T09:06:42Z
Pj Bupati Buka Festival Bambu Tangerang Expo 2024


Kabupaten Tangerang - Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony mengatakan entitas bambu Kabupaten Tangerang harus terus didorong dan dikembangkan lebih luas agar kerajinan bambu dari daerah ini lebih dikenal di kancah nasional dan mancanegara.


"Entitas bambu Kabupaten Tangerang harus terus didorong dan dikembangkan agar berbagai kerajinan bambu kita bisa lebih dikenal, baik nasional maupun internasional," kata Pj Buapti Andi Ony saat membuka acara Festival  Bambu Tangerang Expo 2024 di Hotel Yasmin, Kamis  (17/10/24).


Menurut dia, bambu sejak dahulu sudah banyak dimanfaatkan masyarakat. Bambu merupakan sumber bahan untuk membuat peralatan rumah tangga dan produk kreatif lainnya seperti cenderamata, kerajinan, bahkan sudah menjadi bagian dari lambang Kabupaten Tangerang.


"Topi bambu Tangerang sejak 1887 sudah sampai Prancis dan Cina dan jadi kebanggaan kita bersama sebagai masyarakat Kabupaten Tangerang. Memakai topi bambu itu adalah bagian dari kebanggaan kita bersama,"ujarnya.


Menurut dia, adanya jejaring Kota/Kabupaten Kreatif yang digagas Unesco Creatives Cities Network (UCCN) mendorong Pemkab Tangerang  mendaftarkan kriya bambu asli Kabupaten Tangerang masuk seleksi dunia UCCN. Apapun hasilnya, Pemkab Tangerang bersama-sama seluruh pihak akan terus berupaya untuk bergerak maju mewujudkan kriya bambu sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Tangerang Expo.

 

"Jangan pernah patah arang, banyak jalan menuju roma. Kita harus terus untuk membuat masyarakat Kabupaten Tangerang bangga akan bambunya," tandasnya.


Pj Bupati Andi Ony menambahkan, banyak daerah lain yang punya bambu tapi tidak memiliki dasar sejarah panjang seperti Kabupaten Tangerang. Topi bambu Kabupaten Tangerang yang sudah mencapai pasar dunia.


"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan festival bambu Tangerang. Ini adalah bentuk konkret dukungan Pemerintah Tangerang terhadap sumber daya alam yang kita berupa potensi tanaman bambu yang masih tersebar luas di beberapa wilayah Kabupaten Tangerang," katanya.


Sementara itu, Sekretaria Bappeda, Erwin Mawandi mengungkapkan Festival Bambu Tangerang Expo ini merupakan rangkaian dari komitmen bersama untuk mengembangkan komoditas bambu sebagai produk unggulan Kabupaten Tangerang menuju pentas dunia.


"Semoga entitas bambu di Kabupaten Tangerang bisa terus berkembang dan maju, seperti beberapa dekade lalu kita dikenal akan topi bambunya,"ungkapnya.


(Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Tangerang)

×
Berita Terbaru Update