×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Penyebaran Logistik Pemilu Pada Hari H - 1 Pemilihan

Senin, Oktober 14, 2024 | 15:39 WIB Last Updated 2024-10-14T10:10:50Z

 

Penyebaran Logistik Pemilu Pada Hari H - 1 Pemilihan


Kota Batu - Menindak lanjuti Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur nomor 44 tahun 2024 tentang Kebutuhan, spesifikasi teknis dan Metode Pendistribusian Perlengkapan Pemungutan Suara dan Perlengkapan lainnya dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2024, KPU Kota Batu menggelar Media Gathering dan Rapat Koordinasi persiapan distribusi logistik pemilihan serentak 2024 di Jambuluwuk Convention Hall & Resort Batu, pada Senin (14/10/2024). 


Agenda tersebut dihadiri Komisioner KPU Batu, Bawaslu Kota Batu, Kejaksaan Negeri Batu, Polres Batu, Anggota dan Ketua PPK dan PPS se Kota Batu serta awak media. 


Pada kesempatannya, ketua KPU Heru Joko Purwanto mengingatkan kepada PPK dan PPS untuk menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab meski haal tersebut dijalani sendiri.


"Khususnya teman - teman penyelenggara, khususnya PPK dan PPS meskipun sendiri tahapan harus tetap berjalan. Untuk itu saya mohon kepada  teman - teman penyelenggara jangan sedikit - dikit alasan izin", tegas Heru dalam pemaparannya.


Pendistribusian logistik pemilihan sendiri ditargetkan pada hari H - 1 sudah tersalurkan hingga di TPS - TPS. Dimana sampai saat ini logistik yang sudah diterima KPU belum semuanya, tinggal surat suara yang rencananya akan diterima KPU pada akhir ulan Oktober. 


 "Kita upayakan distribusi kali ini tepat jumlah, tepat jenis juga tepat waktu. Dalam media gathering dan rakor kali ini harus menyamakan persepsi secara undang - undang bahwa pada hari H - 1 harus ada di lokasi TPS dalam kondisi apapun harus mengirim dengan segala persiapan dengan antisipasi dan mitigasi yang sudah kami laksanakan, dan kita terus berkoordinasi pertama dengan BMKG untuk mengetahui kondisi, minimal memperkirakan cuaca, kami akan menggunakan armada yang tertutup ", ujar Heru. 


Lebih lanjut, Ketua KPU mengatakan untuk jenis logistik ada peningkatan dalam kualits. Terkait alasan H - 1 waktu penyebaran logistik, Heru Joko Purwanto menjelaskan, " kebetulan di Batu ini memang jangkauannya mudah dijangkau kapan saja, jadi hari H - 1 pukul delapan pagi nanti seperti pileg kemarin kita distribusi kan ".


 Ditambahkannya, kerawanan untuk saat ini adalah faktor cuaca khususnya saat musim hujan. " Kita sudah memasuki musim hujan, ini yang kita antisipasi. Makanya dalam pembuatan TPS maupun gudang logistik herus benar - benar aman dari hujan , " imbuh nya.


"Kami sudah memetakan TPS - TPS nya seperti apa, kalau bisa banyak menggunakan gedung - gedung sekolah. ", pungkas Heru Joko Purwanto. 


(Sam) 




×
Berita Terbaru Update