Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gebrakan Baru Kelurahan Sisir Dalam Pelayanan Publik

Selasa, Oktober 01, 2024 | 10:03 WIB Last Updated 2024-10-01T03:06:06Z

 

Gebrakan Baru Kelurahan Sisir Dalam Pelayanan Publik

Kota Batu - Sebagai  daerah yang kaya akan potensi ekonomi dan sosial, Kelurahan Sisir  tidak lepas dari tantangan serius dalam layanan publik. Lamban dan tidak responsifnya layanan publik menjadi satu tantangan serius yang dihadapi Kelurahan yang berada dalam wilayah Kecamatan Batu ini. 


Sebagai pusat kehidupan lokal yang beragam dengan populasi yang berkembang pesat, pelayanan publik di Kelurahan Sisir sering kali tidak memenuhi harapan masyarakat akan kualitas dan efisiensi layanan yang diberikan. 


Hal ini mendorong perlunya evaluasi menyeluruh terhadap sistem pelayanan yang ada serta strategi inovatif yang dapat meningkatkan efektivitas dan responsivitas pelayanan publik secara menyeluruh.


Kurangnya inovasi dalam penyediaan layanan serta koordinasi yang kurang efektif antar seksi menjadi hambatan utama dalam memastikan responsivitas yang baik terhadap kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.


Untuk menjawab problem ini, M. Viata Aria Pranaka, S. STP Lurah Sisir ini membuat gebrakan baru dalam pelayanan publik.


Dibawah kepemimpinan nya, Kelurahan Sisir melaksanakan inovasi layanan yang dikenal dengan PAIJO ( Pamong Ider Projo ) dimana inovasi ini merupakan layanan jemput bola yang langsung turun ke tingkat RW. 


Kehadiran inovasi PAIJO ini mendapat apresiasi dari masyarakat . Beberapa warga mengaku dengan PAIJO, layanan bukan hanya mempermudah akses, tetapi juga meningkatkan rasa kepercayaan serta keterlibatan dalam proses pelayanan publik. 


Viata Aria mengaku dengan kehadiran inovasi PAIJO untuk membantu mengurangi birokrasi yang berbelit.


 "Dengan PAIJO ini maka mempercepat respon terhadap berbagai kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh warga tanpa birokrasi yang panjang dan berbelit", ungkap Viata Aria (30/9/2024).


Bukan hanya inovasi PAIJO, dengan keberhasilan program tersebut Kelurahan Sisir juga meluncurkan dua inovasi layanan publik sekaligus. Dua inovasi baru ini antara lain JOGO BERAS (Jagongan Bareng Masyarakat) dan PULEN (Pelayanan Umum Berbasis Online) yang telah diresmikan PJ. Walikota Batu Aries Agung Paewai 


JOGO BERAS memungkinkan masyarakat untuk berinteraksi langsung dengan Lurah beserta pejabat struktural dalam sesi konsultasi dan aspirasi serta memperkuat partisipasi dan transparansi dalam pengambilan keputusan kelurahan. 


Sementara PULEN menyediakan akses pelayanan publik yang mudah dan cepat lewat aplikasi WhatsApp yang memungkinkan pengurusan dokumen, permohonan izin, serta pelaporan online yang efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.


" Dengan inovasi - inovasi ini, menandakan komitmen kami dalam meningkatkan kualitas layanan publik dengan memanfaatkan teknologi untuk mendekatkan diri dengan masyarakat serta mempercepat proses administrative", jelas Viata. 


Inovasi - inovasi tersebut dikenal dengan aksi Sinergitas "PAIJO JOGO BERAS PULEN".


(Sam) 

×
Berita Terbaru Update