×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Musrenbang Menjadi Momen Penting Bagi Masyarakat

Jumat, September 13, 2024 | 17:04 WIB Last Updated 2024-09-13T10:06:09Z

 

Musrenbang Menjadi Momen Penting Bagi Masyarakat

Kabupaten Tangerang - 12 desa di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang akan selenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Pelaksanaan kegiatan ini akan digelar selama 3 hari mulai Selasa, 17 September sampai 19 September 2024 mendatang.


Sebelumnya Pmerintah Kecamatan Cikupa telah menjadwalkan selama satu hari nelaksabakab Musrenbanf di 4 desa  Hari pertama di Desa Bojong, Desa Budimulya, Desa Pasir Jaya dan Desa Pasir Gadung Hari berikutnya Desa Bitung Jaya, Desa Sukadanai, Desa Cikupa dan Desa Dukuh. Terakhir Deaa Desa Talagasari, Desa Talaga, Desa Cibadak dan Desa Sukanegara.


Dalam kegiatan ini staf Kecamatan mulai dari camat dan beberapa staf lainbya bertindak sebagai tim monitoring. Diketahui, kegiatan ini merupakan kesempatan masyarakat desa untuk menyampaikan aspirasi dan usulan. Mengenai program atau proyek yang mereka anggap penting untuk meningkatkan kualitas hidup di desa.


Selain itu, Musrenbang tingkat desa merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan yang diadakan secara partisipatif. Proses ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang ada di desa, seperti warga, kelompok masyarakat, tokoh masyarakat serta lembaga kemasyarakatan lainnya.


Tujuan dari Musrenbang sendiri adalah untuk memastikan bahwa program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.


Dalam Musrenbang masyarakat diberi kesempatan untuk menyampaikan usulan mengenai pembangunan yang diinginkan. Usulan tersebut dapat berupa pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana, bidang kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Setelah itu, semua usulan tersebut akan dievaluasi dan diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang ada di desa.


Adanya Musrenbang di tingkat desa ini sangat penting untuk memastikan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan desa. Masyarakat desa dapat merasa memiliki peran yang aktif dan penting dalam pembangunan desa mereka, sehingga akan tercipta rasa kebersamaan dan kebersihan diantara warga. Selain itu, dengan melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan, maka program atau proyek yang dihasilkan dapat lebih akuntabel dan transparan.


Musrenbang tingkat desa akan menjadi momen penting bagi masyarakat desa untuk menyampaikan aspirasi dan kebutuhan mereka. Sehingga dapat menjadi acuan bagi pemerintah desa untuk membangun desa yang lebih baik dan berkualitas bagi seluruh warga. (One) 

×
Berita Terbaru Update