×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Menjaga Keamanan Para Calon, Polres Batu Siapkan Walpri

Selasa, September 24, 2024 | 09:01 WIB Last Updated 2024-09-24T02:04:28Z

 

Menjaga Keamanan Para Calon, Polres Batu Siapkan Walpri

Kota Batu - Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu hari telah siap melaksanakan kontestasi politik lima tahunan pada pilkada serentak Jawa Timur 2024. 


Seperti di wilayah lain, dalam proses pemilihan kepala daerah sangat rawan dengan konflik horisontal terjadi, baik antar sesama pendukung pasangan calon yang ditimbulkan dari perbedaan pilihan politik.


Untuk memastikan keamanan bagi masing - masing baik Calon Walikota maupun calon Wakil Walikota setiap pasangan, Polri sebagai pihak yang berperan dalam menjaga kamtibmas mendapatkan peran penting dalam penjagaan keamanan bagi para calon .


Mewujudkan hal tersebut, KPU kota Batu dengan bekerjasama dengan Polres Batu menyerahkan 12 Pengawal Pribadi (Walpri) bagi masing-masing calon.


Penyerahan Walpri diberikan secara langsung oleh Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranatha usai acara pengundian nomor urut pasangan calon. 


Dari 12 anggota Polri yang ditugaskan sebagai walpri 2 diantaranya anggota Polwan yakni Brigpol Dias Novita Anggraini dan Brigpol Astuti Maulina bertugas mengawal keamanan calon Walikota Kris Dayanti. 


Anggota Polri yang ditugaskan sebagai walpri merupakan anggota Polri yang telah dipilih dan diseleksi mulai dari kesehatan, mental, kepribadian serta sosiometri. Walpri bertugas bukan hanya menjamin keamanannya saja namun juga membantu para Paslon dalam rooll yang telah ditetapkan KPU.


"Mereka bisa menjadi aksistensi memberikan jaminan keamanan ketika Paslon berada di daerah - daerah tertentu,karena tidak menutup kemungkinan konflik horisontal itu bisa terjadi karena beda politik",ungkap AKBP Andi Yudha Pranatha.


Lebih lanjut Andi Yudha berharap warga Kota Batu memiliki kesadaran politik yang cukup tinggi. "Yang kita harapkan dan kita yakini masyarakat Kota Batu  memiliki kesadaran politik yang cukup tinggi maka dengan adanya perbedaan tetap disikapi dengan cara positif, artinya keberadaan walpri ini tetap lebih menjadi penyejuk dari rangkaian pesta demokrasi Pilkada kota Batu". 


Terkait masa tugas dari Walpri, AKBP Andi Yudha Pranatha menyebutkan walpri bertugas hingga persiapan masa tenang.


(Sam) 

×
Berita Terbaru Update