×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPU Kota Batu Menyatakan 3 Paslon Belum Lengkap Persyaratan Calon

Kamis, September 05, 2024 | 09:43 WIB Last Updated 2024-09-05T02:45:16Z

 

KPU Kota Batu Menyatakan 3 Paslon Belum Lengkap Persyaratan Calon

Kota Batu - Usai para pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu menjalani rangkaian proses persyaratan calon, KPU menyatakan persyaratan ke 3 pasang calon belum lengkap.


Hal ini disampaikan Thomi Rusy Diantoro Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kota Batu usai rapat pleno di gedung KPU, Kamis (5/9/2024) malam.


"Saat ini KPU melaksanakan verifikasi administrasi yang diakhiri tanggal empat September, setelah ituakan menyampaikan hasil verifikasi administrasi ini kepada pasangan calon melalui LO atau gabungan partai politik yang ada di kota Batu ini", ungkap Thomi kepada awak media.


Menurut Thomi, verifikasi administrasi ini merupakan mekanisme sesuai tahapan di 4 September yang selanjutkan akan disampaikan kepada pasangan calon pada 5-6 September.


"Dari pemeriksaan administrasi ini, kita simpulkan masih banyak belum memenuhi syarat calonnya, selanjutnya hasil verifikasi harus diperbaiki, untuk penyampaian perbaikan pada enam sampai delapan September", tegas Thomi Rusy.


Perbaikan syarat administrasi yang telah ditetapkan, KPU melaksanakan penelitian hasil perbaikan administrasi pasangan calon pada 6-14 September.


Sesuai hasil verifikasi KPU, kekurangan persyaratan pasangan calon dari data yang diterima, ke 3 pasangan calon belum melengkapi beberapa data diantaranya , ijazah, surat keterangan pajak, keterangan pailit, surat pernyataan  pengunduran diri yang saat ini baru surat pernyataan, KPU belum menerima dari pejabat yang berwenang.


Menyinggung soal ijazah para calon, Thomi Rusy menjelaskan,"kalau dari persyaratan itu minimal ijazah SMA, ada yang mencantumkan gelar itu berarti S1 atau S2, perlu kita verifikasi ijazahnya, belum dilegalisir misalnya itu perlu kita tanya keabsahannya sambi menunggu perbaikan ". 


Menyoal hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dijalani pasangan calon, Thomi Rusy mengaku KPU  sudah menerima hasil pleno tim pemeriksaan kesehatan dimana hasil dari rumah sakit  semua pasangan calon mampu dan hasil dari pemeriksaan BNN semua calon tidak terindikasi penyalahgunaan obat-obat psitropika dan narkotika.


(Sam) 

×
Berita Terbaru Update