Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ketua PJKB : Visi Kapolres Batu Selaras Dengan Visi PJKB

Kamis, September 19, 2024 | 17:20 WIB Last Updated 2024-09-19T10:21:38Z

 

Ketua PJKB : Visi Kapolres Batu Selaras Dengan Visi PJKB

Kota Batu – Inisiasi Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata membangun ruang bagi media mitra Polri di Gedung Panderman Polres Batu mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya Pokja Jurnalis Kota Batu (PJKB).


Hal ini memunculkan reaksi positif dari Pokja Jurnalis Kota Batu (PJKB) atas perlakuan humanis Kapolres Batu kepada awak media yang melakukan aktivitas kerja di Polres Batu. 


Usai memimpin pers release, Kapolres Batu didampingi Wakapolres Kompol Danang Yudanto, Kasat Reskrim AKP Rudi Isworo, dan Kasatlantas AKP Diamond Romansa Bangun menjelaskan, fasilitas ini bertujuan memudahkan wartawan menulis dan melaporkan berita secara lebih optimal. Langkah ini diambil sebagai bentuk dukungan kepada media untuk dapat bekerja secara efisien dan produktif di lingkungan Mapolres Batu.


"Kami ingin kawan-kawan media memiliki tempat yang nyaman dan representatif ketika melakukan kerja jurnalistik di lingkup Mako Polres Batu," katanya. 


Bukan sekadar menyediakan tempat, Yuda bahkan memberi instruksi kepada Kasi Humas Polres Batu Ipda Trimo, untuk merilis setiap kebutuhan wartawan terkait pemberitaan yang selanjutnya disampaikan kepadanya setiap pagi. 


"Biasanya saat malam, para pemimpin redaksi melaksanakan goal setting menentukan berita apa yang harus didapatkan wartawan lapangan esok hari. Jika berkaitan dengan Polres Batu, silakan  disampaikan kepada Kasi Humas, setiap jam 6 pagi akan saya respon," katanya. 


"Pertama, fasilitas pendukung yang akan kami siapkan adalah Wi-Fi, televisi, dan sarana membuat kopi atau teh di Media Centre ruang Humas Polres Batu," imbuhnya. 


Langkah Kapolres Batu ini mendapat apresiasi dari kalangan wartawan yang menganggap fasilitas tersebut sangat membantu menjalankan tugas mereka. Inisiatif ini juga memperkuat hubungan transparan dan kolaboratif antara kepolisian dan media sehingga bisa memberikan informasi yang lebih cepat dan terpercaya kepada masyarakat.


Ketua PJKB Buang Supeno melihat inisiatif yang dilakukan Kapolres Batu dengan membuka ruang kerja bagi media, tidak bisa dia nggak sebagai sesuatu yang sederhana. 


"Tidak semua instansi atau institusi pemerintahan memberikan reaksi positif semacam ini kepada insan media. Artinya, jiwa beliau sudah menyatu dengan jurnalisme," ungkap Buang. Kamis (19/9/2024). 


Lebih dari itu, Buang mengapresiasi sikap Kapolres Batu yang memposisikan diri di tengah, dan mewadahi seluruh unsur wartawan yang ada di Kota Batu tanpa istilah 'anak emas'. 


"Semua orang ingin eksklusif berkomunikasi dengan beliau. Faktanya, beliau mengabulkan semua hak eksklusifitas wartawan dengan menerima semuanya dalam 1 wadah," papar Buang Pemred serulingmedia.com . 


Sebagai informasi, khusus di Kota Batu organisasi media yang aktif adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), sementara kelompok kerja yang aktif adalah Forum Jurnalis Kota Batu (FJKB) dan Pokja Jurnalis Kota Batu (PJKB). 


Selain itu, sebagai kelompok kerja, FJKB dan PJKB juga dimotori oleh anggota organisasi seperti PWI, AJI, IJTI dan organisasi pers lainnya.


Adanya fasilitas media centre yang lengkap, Mapolres Batu diharapkan dapat menjadi contoh bagi institusi lainnya dalam membangun kerja sama yang baik dengan media. Hubungan yang harmonis antara pihak berwenang dan wartawan akan sangat berpengaruh terhadap kualitas informasi yang disampaikan kepada publik.


(Sam) 

×
Berita Terbaru Update