×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dua Desa di Kecamatan Junrejo gelar Sosialisasi Pilkada secara serentak

Sabtu, Agustus 10, 2024 | 15:50 WIB Last Updated 2024-08-10T09:26:41Z

 

Dua Desa di Kecamatan Junrejo gelar Sosialisasi Pilkada secara serentak

Kota Batu - Pesta Demokrasi Pilkada Kota Batu 2024 semakin dekat, tahapan sosialisasi Pilkada pun mulai dilaksanakan di tingkat Desa/Kelurahan dimana PPS sebagai pelaksananya. 


Kecamatan Junrejo misalnya, mulai melaksanakan tahapan sosialisasi pilkada. Sosialisasi Pilkada untuk Kecamatan Junrejo kali ini dilaksanakan secara serentak di 2 Desa yaitu Desa Beji dan Desa Tlekung, Sabtu (10/8/2024 ).


Sosialisasi Pilkada Serentak Kecamatan Junrejo tersebut mendapat antusias besar dari masyarakat Desa setempat. Beberapa kegiatan dilaksanakan masing-masing PPS sebagai sarana sosialisasi, mulai dari jalan sehat, panggung hiburan hingga gelar budaya.


Pada pelaksanaan sosialisasi pilkada, Ketua PPS Desa Beji Yoga Edi Pamungkas menjelaskan,"ini adalah tahapan dimana KPU Kota Batu mengamanahkan kepada PPS Desa Beji, dimana nanti pada 27 November 2024 kita akan melaksanakan hajatan besar berupa pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, Gubernur juga Wakil Gubernur ". 


Yoga berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat. "Tujuan kita masyarakat itu sadar bahwa mereka yang sudah memiliki hak pilih bisa datang ke TPS tanpa ragu lagi, jadi kita meningkatkan partisipasi masyarakat". 


Berbeda dengan Desa Beji, pelaksanaan sosialisasi pilkada Desa Tlekung disertakan sosialisasi pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB). Agenda sosialisasi pilkada merupakan moment dimana masyarakat bisa ngumpul. 


Senada dengan Ketua PPS Desa Beji, Vitin Ana Sulistyowati Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia PPS Desa Tlekung menyampaikan,"kegiatan hari ini dalam rangka  sosiisasi pilkada serentak dua ribu dua empat, sosialisasi ini kali yang ke dua, yang pertama sosialisasi tatap muka dengan mengundang para stakeholder, Kepala Desa, ketua BPD, para ketua RT dan RW yang ada di Desa Tlekung. Sekarang ini sosialisasi dalam bentuk event". 


Sementara, Mardi Kepala Desa Tlekung memaparkan terkait kegiatan sosialisasi di wilayahnya yang disisipi kegiatan sosialisasi pajak."Kegiatan tadi sekalian saya sosialisasi pembayaran pajak PBB, sekalian acara untuk mendatangkan masyarakat biar banyak manfaatnya". 


Hingga dilaksanakannya Sosialisasi Pilkada tersebut, jumlah DPS di Desa Beji mencapai sekitar 6300 hak pilih yang terjaring dalam coklit dengan jumlah TPS sebanyak 11 TPS. Sedangkan untuk Desa Tlekung terdapat 3914 hak pilih dengan jumlah TPS sebanyak 7 TPS.


Seperti halnya di Desa Beji dalam pelaksanaan coklit yang telah dilakukan di Desa Tlekung hingga saat ini berjalan lancar tidak ada kendala, "Alhamdulillah dalam pelaksanaan coklit kemarin tidak ada kendala,dan Alhamdulillah di Desa Tlekung pantarlih kita kemarin ada di satu TPS di TPS lima berhasil menyelesaikan tugas coklit tercepat se Kota Batu dengan data yang akurat dan valid,"pungkas Vitin Ana Sulistyowati kepada awak media.


(Sam) 

×
Berita Terbaru Update