Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pelaksanaan Coklit Se Jawa Timur Penuhi Prinsip Utama Penyusunan Data

Selasa, Juli 16, 2024 | 11:59 WIB Last Updated 2024-07-16T05:02:01Z

 

Pelaksanaan Coklit Se Jawa Timur Penuhi Prinsip Utama Penyusunan Data

Kota Batu - Kali pertama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Coklit serta Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Pilkada 2024 di aula KPU Kota Batu, Senin (15/7/2024).


Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto mengungkapkan rasa bahagia atas dipilihnya kantor KPU Kota Batu sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Koordinasi (Rakor). "Aula kantor KPU yang beralamat di Jalan Sultan Agung No. 16 Kelurahan Sisir tersebut masih dalam kondisi baru pasca renovasi",ungkapnya.


“Kami mengucapkan terima kasih telah dipilih sebagai tuan rumah acara ini. Dan ini penggunaan aula kantor adalah perdana untuk acara KPU kabupaten/kota,”ungkap Heru.


Terkait agenda rakor, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Aang Kunaifi dalam sambutan pembuka mengatakan jika rakor dimaksudkan untuk melihat sejauh mana progres pelaksanaan Pencocokan Dan Penelitian (Coklit) data pemilih dilakukan di masing-masing kabupaten/kota. Menurutnya, monitoring dan pengawasan kerja Pantarlih secara berkala adalah kunci keberhasilan coklit.


“Kita coba lakukan pengawasan internal, kemudian memastikan jajaran kita benar-benar melaksanakan tugas sebagaimana prinsip penyusunan data pemilih dengan cara mendatangi dari rumah ke rumah,” tuturnya.


Ia menegaskan, pelaksanaan coklit, khususnya di wilayah Jawa Timur telah memenuhi prinsip-prinsip utama dalam penyusunan data pemilih, yakni komprehensif, akurat, dan mutakhir atau up to date serta prinsip yang mengharuskan kemudahan akses dan keamanan data penduduk.


“Kita pastikan data pemilih yang kita susun ini benar-benar terpenuhi beberapa prinsip. Kalau dulu kan cuma tiga, akurat, mutakhir, dan komprehensif, sekarang ditambah aksesibel, kemudian perlindungan data pribadi dan lain sebagainya,”tegasnya.


Aang, sapaan akrabnya, mengingatkan bahwa jadwal tahapan Pilkada 2024 semakin padat. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh jajaran KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur untuk selalu menjaga ritme istirahat agar mampu menjalankan tugas dengan baik dan optimal.

(Sam) 

×
Berita Terbaru Update