Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPU Kota Batu : Coklit Tingkat PPS Selesai Sesuai Target

Minggu, Juli 28, 2024 | 17:33 WIB Last Updated 2024-07-28T10:39:26Z

 

KPU Kota Batu : Coklit Tingkat PPS Selesai Sesuai Target

Kota Batu - Pendaftaran calon walikota dan wakil walikota Batu semakin dekat, KPUD Kota Batu dikebut dalam penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjelang pendaftaran calon wakil dan walikota. Hal ini merupakan tanggung jawab KPUD sebagai penyelenggara pemilu Kepala Daerah. 


Saat ini proses pendataan setelah selesainya tugas Pantarlih, sudah pada tingkat PPS masih sisa waktu 4 hari lagi yang diberikan KPUD kepada PPS untuk menyelesaikan tugasnya. 


Menunjang kerja-kerja PPS, KPUD Kota Batu menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Persiapan Pleno Rekapitulasi DPHP Tingkat PPS dan PPK di Hotel Horison Kota Batu, Minggu (28/7/2024 ).


Rapat koordinasi dihadiri Bawaslu Kota Batu, KPUD Kota Batu, Panwascam , PPK se Kota Batu, PPS se Kota Batu dan PKD se Kota Batu.


Ketua KPUD Kota Batu Heru Joko Purwanto, saat diwawancara kepada awak media mengatakan, "rapat koordinasi KPU saat ini adalah pemutakhiran data pemilih, dimana paska tanggal dua puluh empat Juni sampai Juli kemarin Pantarlih sudah bekerja di seluruh wilayah Kota Batu". 


Sesuai jadwal tahapan, sampai saat ini belum ada DPT. "Sekarang saat nya kita menyusun DPSHB, DPSHB ini yang nantinya menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan akan kita jadikan DPT. Menjelang ke sana  kita memutakhirkannya bersama teman - teman jajaran samping Bawaslu yang mempunyai unsur dari Panwascam dan PKD ". 


Heru Joko Purwanto berharap dari jajaran samping Bawaslu ada input - input apabila dalam penyusunan masih ada data yang belum tersinkronisasi. 


"Jika ada data yang belum valid, ada  masukan dari PKD, Panwascam maka kita input bersama - sama sehingga berharap data ini berkwalitas tinggi, ketika diadakan pleno di setiap tingkatan tidak ada lagi permasalahan, jangan sampai waktu di pleno ada masukan baru. Lebih baik kita masukan lebih awal sehingga validasi data nya lebih akurat ",imbuh Heru .


Hingga saat ini kerja - kerja dari pada Pantarlih di tingkat PPS sudah hampir selesai tinggal persiapan pleno terbuka di tingkat PPS . 


Sementara itu, pelaksanaan rapat koordinasi tersebut Marlina Div. Perencanaan Data dan Informasi KPUD Kota Batu, kepada awak media menjelaskan, "rakor ini sebagai persiapan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP yang dilaksanakan teman - teman Pantarlih yang sudah selesai pada tanggal dua puluh empat Juli . Ini bermaksud untuk secara berjenjang melakukan rekapitulasi melalui rapat pleno terbuka ini Ki ingin menetapkan di setiap kelurahan dan desa yang akan dilaksanakan tanggal satu hingga tiga Agustus ini ". 


Pada pelaksanaan rapat pleno di tingkat desa pada 1 hingga 3 Agustus nanti akan ditetapkan DPT yang akan dibawa pada rapat pleno tongkat PPK . 


"Tanggal satu sampai tiga Juli , teman - teman PPS merekap berapa jumlah TPS nya, kemudian berapa jumlah pemilih perempuan dan laki-lakinya dan total jumlah pemilih secara keseluruhan pada desa atau kelurahan tersebut, ini berdasarkan",Marlina menambahkan. 


Dengan pelaksanaan acara sampai saat ini, kerja-kerja dari pada PPS sudah mencapai target yang diharapkan. "Teman-teman Pantarlih dalam melaksanakan coklit itu mulai dari 24 Juni sampai 24 Juli, nun kib sudah menyelesaikan merampungkan coklit pada tanggal 13 Juli. Tiga Minggu kami sudah bisa menyelesaikannya", pungkas nya. 


(Sam) 

×
Berita Terbaru Update