×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gunungsari Festival 2024, Kenalkan Desa Gunungsari Sebagai Desa Wisata Tematik

Selasa, Juli 09, 2024 | 12:45 WIB Last Updated 2024-07-09T06:14:32Z

 

Gunungsari Festival 2024, Kenalkan Desa Gunungsari Sebagai Desa Wisata Tematik

Kota Batu - Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang merupakan desa penghasil petik mawar terbesar di Indonesia, menggelar acara Gunungsari Festival 2024, yang dilaksanakan di Lapangan Gunungsari Dusun Brumbung Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Selasa 9/7/2024.


Hadiri dalam pembukaan Gunungsari Festival, PJ.Walikota Batu yang diwakil Staf ahli bidang SDM Administrasi dan Kemasyarakatan Supriyanto, ST. MM., Kabid Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Dra. Susiati, NM., Kadisparta Kota Batu Arief Asidiq, Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi, SE,. Ketua DWP Kota Batu, Ketua Asosiasi Pariwisata , Camat Bumiaji Thomas Maydo, Danramil Bumiaji, Kapolsek Bumiaji ,Kades  Gunungsari, Andi Susilo. 


Beberapa event dalam festival diadakan, diantaranya Bazar Kuliner, Edukasi merangkai bunga, Minum susu bersama, Sertifikasi Halal, Lomba Mewarnai 


Ketua panitia Diana Farianti, dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya Gunungsari Festival. "Maksud dan tujuan diadakannya festival Gunungsari adalah pengembangan desa wisata tematik yang mana Desa Gunungsari mempunyai potensi luar biasa terutama petik mawar, susu dan juga jajanan tradisional kue ladu". 


Dalam pengembangan desa wisata, Kepala Disparta Batu Arief Asidiq kepada awak media mengatakan,"kita mendorong pengembangan desa wisata tematik, kita aktif mensuport teman-teman ketua desa wisata, kepala desa dalam rangka pengembangan potensi nya dalam peningkatan kapasitas desa wisata". 


Desa Gunungsari yang memiliki potensi wisata alam, budaya serta UMKM nya terus mendapat support pemerintah kota melalui Disparta Kota Batu. 


Arief Asidiq menambahkan, akan ada pengembangan wisata baru di Desa Gunungsari. "Kita akan mengembangkan sport - sport obyek wisata destinasi di Desa Gunungsari kita dorong. Dalam jangka pendek ini, Agustus akan kami kembangkan sport di Gunungsari yaitu Goa Pandawa,juga Goa Papua di Kampung Papua". 


Dengan adanya support dari Pemkot Batu, Kepala Desa Gunungsari, Andi Susilo saat  diwawancara awak media di sela - sela acara festival mengungkapkan, "Alhamdulillah, terus terang kita disuport Dinas Pariwisata untuk mengadakan Gunungsari Festival. Artinya itu memperkenalkan produk - produk atau potensi - potensi yang ada di Desa Gunungsari". 


"Melalui event-event nanti bisa diajari bagaimana mengadakan event yang sifatnya bisa meriah yang melibatkan banyak masyarakat, harapannya bisa lebih meriah dan bisa mengundang banyak wisatawan", pungkasnya. 

(Sam) 

×
Berita Terbaru Update