Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Desa Sumbergondo Jadi Pilot Project Kandang Komunal Peternakan Domba

Kamis, Juli 18, 2024 | 16:42 WIB Last Updated 2024-07-18T09:43:23Z

 

Desa Sumbergondo Jadi Pilot Project Kandang Komunal Peternakan Domba

Kota Batu - Sebagai salah satu Desa Binaan PT United Tractor cabang Surabaya, Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu mendapatkan support sebagai pelaksanaan program CSR PT United Tractor membangun pembangunan kandang komunal peternakan domba di area Tanah kas Desa Sumbergondo dengan luas lahan 7mx12m .


Program CSR tersebut dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama pembangunan kandang komunal pertenakan domba, Kamis ( 18/7/2024 ). Hadir dalam peletakan batu pertama, PJ. Walikota Batu, Dinas Pertanian dan Pertahanan Pangan Kota Batu, Kepala Desa Sumbergondo, Camat Bumiaji, Danramil Bumiaji, Kapolsek Bumiaji dan  PT United Tractor cabang Surabaya beserta jajarannya.


Brand Operation Head PT United Tractor cabang Surabaya Badrun Radi dalam sambutannya menyampaikan,"salah satu misi kami bagaimana bisa meningkatkan hasil kepada seluruh pemangku kepentingan secara berkelanjutan melalui tiga aspek yang berimbang aspek ekonomi, sosial dan lingkungan". 


Badrun Radi menambahkan, pihaknya sebagai perusahaan yang bergerak bidang alat berat bukan hanya mencari bisnis usaha semata tetapi menyeimbangkan sosial dan lingkungan.


Pembangunan kandang komunal sendiri akan dilaksanakan pada bulan Agustus setelah peletakan batu pertama dan diresmikan pada September 2024 dengan luas kandang 6mx13m dengan kapasitas 60 ekor domba. 


Dengan adanya program CSR guna pembangunan kandang komunal di Desa Sumbergondo tersebut, PJ Walikota Batu Aries Agung Paewai dalam sambutannya menyampaikan,"tentunya membahagiakan kita semua, bahwa suatu perusahaan yang besar masih memikirkan bagaimana pengembangan potensi yang dimiliki berbagai wilayah khususnya di Kota Batu". 


Aries Agung Paewai berharap keterlibatan swasta dalam pembangunan daerah merupakan sektor yang paling ditunggu - tunggu. "Dimanapun apapun itu pemerintah daerah tidak akan sanggup mengurusi dirinya sendiri tanpa ada keterlibatan berbagai pihak, apakah itu masyarakat sendiri maupun keterlibatan CSR dari berbagai komponen pemerintahan dan swasta". 


Sementara, Badrun Radi kepala cabang perusahaan group Astra  untuk wilayah Surabaya ini dalam wawancaranya dengan awak media menyampaikan,"terkait peternakan mungkin akan dipersiapkan dan berkolaborasi dengan dinas pertanian dan pertahanan pangan kota Batu kolaborasi oleh swadaya masyarakat". 


Dengan adanya pembangunan kandang komunal sendiri, Badrun Radi mewakili PT United Tractor berharap masyarakat bisa mandiri memiliki lahan serta mempunyai aktivitas ekonomi yang dikelola sendiri oleh masyarakat setelah 5 tahun dilakukan pembinaan serta menjadi pilot project bagi desa binaan lainnya.


"Tugas kita adalah mempersiapkan apa yang dibutuhkan masyarakat, kemudian kita dampingi sehingga ekonomi bisa bergerak dan mereka bisa mandiri ke depan. Program nya kita batasi agar kemandirian itu tumbuh dan kami akan memindahkan ke desa binaan yang lain", pungkasnya.

(Sam) 

×
Berita Terbaru Update