Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pedagang Kaki Lima ikuti CFD di Jalan Trunojoyo

Senin, Juni 10, 2024 | 08:52 WIB Last Updated 2024-06-10T01:53:33Z
Pedagang Kaki Lima ikuti CFD di Jalan Trunojoyo


Kota Batu - Car Free Day (CFD) Kota Batu telah dimulai, dimana hari pertama dimulainya CFD digelar di jalan Trunojoyo, Kelurahan Sisir Kecamatan Batu Kota Batu, pada Minggu 9/6/2024.


Hari pertama CFD diikuti kurang lebih 50 pedagang yang kesemuanya merupakan pedagang kaki lima. Sedangkan lokasi yang disediakan untuk acara CFD sendiri dapat menampung lebih dari 200 pedagang kaki lima.


Nampak hadir PJ. Walikota Batu Aries Agung Paewai pada pembukaan hari pertama CFD. Kepada awak media PJ. Walikota Batu menyampaikan, " ini dibuka bukan pertama kali, dulu sudah pernah dibuka karena kena Covid. Kita memulai lagi karena atensi masyarakat begitu besar terhadap car free day, artinya yang pertama adalah olah raga agar masyarakat Kota Batu sehat. Kita ingin menampung teman - teman kita  PKL , terus seni budaya, kreatifitas , semuanya bisa ada di sini. Nah ini kan baru pertama kali ke depannya akan kita evaluasi. 


Menurut nya, dengan adanya car free day, ekonomi dapat berjalan. " Ekonomi bisa berjalan di car free day, masyarakat bisa berolah raga dan tidak ada lagi yang mengatakan bahwa Kota Batu hanya bisa menertibkan terkait PPL yang tidak sesuai dengan peruntukannya ". 


" Senin besok pak Sekda akan memimpin , hasil evaluasi hari ini . Kalau memang hari ini sangat - sangat diinginkan masyarakat, maka kita akan kuat lagi terutama lebih banyak lagi ", tambahnya


Car free day sendiri diprioritaskan untuk pedagang kaki lima yang belum lama ini ditertibkan.


Kepala Satpol PP Kota Batu Abdul Rais , menjelaskan, " Car free day kita usulkan ke bapak Walikota intinya memberikan space  untuk olah raga, untuk reefres, untuk kegiatan - kegiatan peningkatan bakat dan minat masyarakat. Dan yang terpenting kita menghalau PKL - PKL yang liar di jalan trotoar utama ". 


Menurutnya, car free day sendiri diperuntukan bagi PKL untuk berjualan di lokasi FCD. " Kita memberikan kesempatan, membuka ruang. Yang menjadi prioritas adalah mereka yang kita halau dan kita sudah mendata kemarin kita undang mereka untuk di sini , kurang lebih hampir 50 pedagang yang ada di dalam itu hampir 90% nya yang kita halau " tambah Abdul Rais kepada awak media.


Waktu berlangsungnya car free day dari pukul 06.00 wib hingga 10.00 wib setiap minggunya.


" Sebenarnya PKL itu kita tampung dalam hitungan kita yang sudah kita data kurangebih hampir 100 orang salah satunya dari panorama, panorama kita minta geser tapi ini  masih proses komunikasikan lebih lanjut. Tentunya yang sudah kita halau di beberapa tempat ", tambahnya.


Diharapkan pedagang kaki lima menggunakan kesempatan tersebut sambiberfikir untuk tingkatan lebih lanjut, mereka saat ini didata terlebih dahulu , mereka - mereka PKL yang liar yang tidak menempati tempat yang seharusnya kita geser dulu, dan ini adalah momentuk untuk melakukan pendataan oleh Diskundang, kemudian nanti akan pikirkan kapan tindak lanjutnya atau tempat yang lebih laya ", pungkas Abdul Rois.

(Sam) 

×
Berita Terbaru Update