Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Krisdayanti Ajak Warga Memahami Mekanisme Layanan Kesehatan

Sabtu, Juni 08, 2024 | 17:38 WIB Last Updated 2024-06-08T10:40:30Z
Krisdayanti Ajak Warga Memahami Mekanisme Layanan Kesehatan


Kota Batu - Persoalan Keselamatan pasien pada fasilitas pelayanan kesehatan merupakan persoalan yang sering terjadi di tengah masyarakat pada pelayanan kesehatan.


Hal ini menjadi dorotan anggota komisi IX DPR RI periode 2019 - 2024 Krisdayanti. Menjelang berakhirnya jabatannya. KD,  panggilan akrab  Krisdayanti terus melakukan penyuluhan serta Sosialisasi Budaya Mutu Dan Keselamatan Pasien di Fasilitas Pelayanan kesehatan kepada masyarakat, hal ini sesuai dengan dirinya sebagai anggota komisi IX DPR RI yang salah satunya membidangi persoalan kesehatan.


Dengan menggandeng mitra kerjanya Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan  Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan pada Kementrian Kesehatan RI, serta Dinas Kesehatan Kota Batu menggelar Sosialisasi Budaya Mutu dan Keselamatan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Desa Bukukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu jalan Mbah Da'im Nomor 2 Dusun Keliran Desa Bulukerto, Sabtu 9/6/2024.


Seperti kegiatan - kegiatan Krisdayanti atau KD sebelumnya, kegiatan sosialisasi kali ini juga mendapatkan antusias yang besar dari warga. Pasalnya, sosialisasi dibawakan membahas tentang kesehatan yang sering kali menjadi problem di tengah masyarakat bawah. 


Agenda sosiisasi juga dihadiri Kepala Desa Bulukerto Suhermawan, S. IKOM, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Aditya Prasaja, S. STP. MAP,  Dr. Diana Fauziah Staf Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI serta Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. 


KD, dalam sambutannya kepada peserta sosialisasi menyampaikan,"Kami komisi IX DPR RI terus membersamai program - program kesehatan bersama mitra kami kementrian kesehatan untuk warga Bulukerto".


Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu dalam sambutannya menghimbau masyarakat agar saat sakit segera periksa kesehatan ke fasilitas kesehatan yang telah disediakan seperti Polides atau ke Puskesmas. 


Kepada awak media, Aditya Prasaja mengatakan,"kegiatan hari ini adalah kegiatan dari menteri kesehatan, terkait dengan layanan rujukan dan mutu layanan bermitra dengan Komisi IX DPR RI di Desa Bulukerto. Dinas kesehatan Kota Batu disurati kementerian kesehatan, karena mereka butuh bantuan untuk tenaga kesehatan. Kita dinas kesehatan menugaskan team kesehatan dari puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan". 


Dirinya berharap masyarakat memahami  alur rujukan k3mudian mereka bisa ikut mengontrol mutu layanan kesehatan. 


"Warga Kota Batu sudah diikut sertakan dalam BPJS , dan harus diaktifkan saat pemeriksaan kesehatan. Khusus seluruh warga Kota Batu semuanya gratis cukup membawa e KTP ". Tambahnya.


Sementara Kepala Desa Bulukerto Suhermawan kepada awak media mengungkapkan, "kami hari ini hanya cukup menjadi ruang bagi warga desa, kami undang sebanyak - banyaknya supaya informasi terkait sistem pelayanan kesehatan mulai dari dasar sampai ke tingkat kota itu bisa terpenuhi untuk warga masyarakat". 


Pada sosialisasi tersebut juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga yang hadir. 


Dengan adanya sosialisasi tersebut, Suhermawan berharap warga dapat lebih tahu terkait sistem dan mekanisme pelayanan kesehatan mulai dari administrasi, rujukan hingga pelayanan KIS dan BPJS di Kota Batu.

(Sam) 

×
Berita Terbaru Update